Selasa, 12 Maret 2013

Bahasa Pemrograman Komputer Generasi Kedua


Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE” dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.
Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut:
Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.
Second-Generation Language (2GL) atau Bahasa Generasi 2 adalah bahasa pemrograman assembler atau bahasa assembly yang sudah mengubah pernyataan dengan memasukkan unsur bahasa dalam instruksinya meskipun singkat sehingga lebih mudah dibanding bahasa mesin.
Ciri-ciri bahasa assembly:
-          Kode ditandai dengan nama yang mudah diingat seperti ADD,SUB,dan MULT
-          Alamat penyimpanan (storage addresses) nyata dimna data ditempatkan dapat didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.
Sama seperti bahasa mesin, bahasa assembly tergantung computer (tidak portable). Untuk bahasa assembly masih digunakan karena begitu mirip dengan bahasa mesin dengan kode yang sangat efisien untuk membuat sytem software lebih disukai menggunakan bahasa assembly karena sangat efisien dalam penggunaan computer(butuh memori yang kecil).
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
UNIVAC III
Dibanding denga tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switchdan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranta UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.
Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar