Sabtu, 10 Mei 2014

Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi


v  Jenis Kesalahan dan Slip
Tipe-tipe Kesalahan (Errors):
_ Kesalahan Persepsi
_ Kesalahan Kognitif
_ Kesalahan Motor (Gerak)
Tipe-tipe Slip:
_ Kesalahan Capture
_ Kesalahan Deskripsi
_ Kesalahan Data Driven
_ Pengaktifan Asosiatif
_ Hilangnya Pengaktifan
_ Kesalahan Mode
v  Petunjuk Pencegahan Kesalahan
_ Menghapus mode-mode atau menyediakan
petunjuk yang terlihat untuk mode-mode
tersebut.
_ Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
_ Memaksimalkan pengenalan, mengurangi
hafalan.
_ Merancang urutan gerak atau perintah yang
tidak sama.
_ Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
_ Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan
memperbaikinya.
_ Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi
yang dilakukan oleh user, misalnya
memindahkan file dari recycle bin.
v  Panduan Recovery(Memperbaiki) Kesalahan
_ Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
_ Query: bertanya pada user apa yang sudah
dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang
salah.
_ Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari
proses yang sedang berjalan.
_ Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis
dan bersifat merusak.
_ Menyediakan pengecekan yang beralasan pada
masukan data.
_ Mengembalikan kursor ke area kesalahan,
memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
_ Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
_ Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk
konteks-sensitif.
v  JENIS-JENIS DARI DOKUMENTASI DAN ALAT BANTU
JENIS-JENIS DARI DOKUMENTASI/HELP
_ Tidak pernah suatu penggantian untuk desain
tidak baik, tetapi penting.
_ Sistem sederhana -> user memanggil dan
menggunakannya, berikan nama.
_ Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur
membutuhkan help/bantuan.
Jenis-jenis Bantuan:
_ Tutorial
_ Review/Referensi yang cepat
_ Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
_ Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)
Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif
dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau training. Hal ini mungkin
ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan yang lebih
membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan
membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan
(help) ke dalam sistem.
Empat Jenis Bantuan Yang Dibutuhkan User:
Quick Reference
Digunakan sebagai pengingat untuk user dari suatu yang detail yang
secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan.
Task-Spesifik Help
Digunakan untuk membantu user menghadapi masalah atau tidak
pasti mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus.
Full Explanation
Suatu alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami
secara lengkap.
Tutorial
Khusus untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by
step.
Kebutuhan Dari User Support:
Availability
User dapat menggunakan bantuan pada setiap waktu selama
berinteraksi dengan sistem.
Accuracy dan Compieteness
Bantuan ini seharusnya menyiapkan keakuratan dan kelangkapan
sistem bantuan.
Consistency
User membutuhkan jenis-jenis yang berbeda dari bantuan untuk
digunakan pada kegunaan yang berbeda. Hal ini dapat secara tidak
langsung menyebabkan sistem bantuan tidak dapat bekerja. Sistem
bantuan harus konsisten terhadap semua sistem yang ada dan juga
pada sistem itu sendiri.
Robustness
Sistem bantuan ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang
dalam kesulitan, karena sistem mempunyai perilaku yang tidak dia
harapkan atau mempunyai kesalahan. Hal ini sangat penting dimana
sistem bantuan seharusnya kuat, baik dalam hal menangani
kesalahan dan perilaku yang tidak diharapkan.
Flexibility
Sistem bantuan yang fleksibel akan membuat setiap user dapat
berinteraksi dalam mencari sesuatu yang dibutuhkannya.
Unobtrusiveness
Sistem ini seharusnya tidak mencegah user dalam melanjutkan
pekerjaannya.
Pendekatan-pendekatan User Support:
_ Commad Assistance
Pendekatan yang umum untuk user support adalah
menyediakan bantuan pada level command, user yang
membutuhkan bantuan pada command yang khusus dan
ditampilkan pada layar bantuan atau pada manual page
yang menjelaskan tentang command tersebut.
Contoh: pada UNIX man help dan DOS help command.
_ Commad Prompt
Menyediakan bantuan ketika user menemukan kesalahan
yang sering terjadi dalam bentuk prompt perbaikan.
_ Context-Sensitive Help
Berbentuk menu based system yang menyediakan bantuan
pada menu option.
Contoh: editor help command dan machintos ballon help.
6
_ On-line Tutorial
Mengijinkan user bekerja melalui aplikasi dasar dengan
lingkungan percobaan. User dapat melihat kemajuan
sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian
dari tutorial yang dia inginkan. Kebanyakan on-line tutorial
tidak mempunyai intelligent, karena tidak mempunyai
pengetahuan tentang user dan pengalaman user
sebelumnya.
_ On-line Documentation
Membuat efektif dengan membuat dokumentasi tersedia di
komputer.
_ Intelligent Help System
Dioperasikan untuk memonitoring aktifitas user dan
mengkonstruksikan model sesuai dengan user. Model ini
termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau
kombinasi dari semuanya.
Knowledge Representation: User Modelling
_ Quantification
Model yang sederhana dari user modelling yang
menggunakan jumlah tingkatan dari keahlian yang akan
merespon kearah yang berbeda.
_ Stereotypes
Berbasiskan pada karakteristik user dan kemungkinan
sederhana, seperti membuat perbedaan antara user baru
dan user yang ahli atau yang lebih kompleks, seperti
membuat stereotype yang berbasiskan pada lebih dari satu
informasi.
_ Overlay Models
Merupakan model yang ideal yang membandingkan
perilaku user. Hasilnya ditampilkan dalam dua model atau
perbedaan. Keuntungan dari model ini dapat melihat
secara pasti bagian dari aktifitas suatu sistem. Pendekatan
yang sama digunakan pada error bases model dimana
sistem menyimpan rekaman kesalahan dan perilaku
sebenarnya dari user serta membandingkannya.

_ Knowledge Representation: Domain dan Task
Modelling
_ Pendekatan yang umum dari masalah ini adalah untuk
mewakili tugas user dari urutan perintah yang tersedia
untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas
user, command digunakan untuk membandingkan
urutan tugas yang telah disimpan dan mencocokkan
dengan urutan tepat. Jika urutan command user tidak
cocok, maka dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini
digunakan pada sistem PRIAM.
_ Knowledge Representation: Modelling
Advisory Strategy
_ Sistem ini kadang disebut dengan intelligent help yang
membuat modelling advisory atau strategi tutorial. Pada
sistem ini tidak hanya membolehkan memilih nasehat
yang cocok untuk user, tetapi juga menggunakan
metode yang cocok.
Teknik Untuk Knowledge Representation
Terdapat empat grup utama dari teknik yang digunakan dalam knowledge
representation untuk intelligent help system:
1. Rule Based Techniques
_ Pengetahuan digunakan untuk mengetahui sekumpulan
aturan dan kenyataan. Teknik ini digunakan untuk domain
yang relatif besar dan dapat mewakili kegiatan yang
menampilkan pengetahuan.
2. Frame Based Techniques
_ Digunakan untuk mewakili situasi yang umum terjadi. Frame
merupakan suatu struktur yang berisi slot yang diberi label
yang memiliki ciri yang berhubungan.
3. Network Based Techniques
_ Mewakili pengetahuan tentang user dan sistem yang
merupakan hubungan antara kenyataan, contoh yang paling
umum adalah semantic network. Network merupakan suatu
hirarki dan child dapat berhubungan dengan parent-nya.
4. Examples Based Techniques
_ Mewakili pengetahuan yang secara implisit dengan struktur
keputusan dari suatu klasifikasi sistem.

Masalah dengan Knowledge
Representation dan Modelling
Pengetahuan mewakili suatu issue pusat
dalam intelligent help system,tetapi tidak
tanpa masalah itu sendiri, pengetahuan
kadang sulit didapatkan, terutama jika ada
domain expert tidak tersedia. Masalah lain
adalah menginterpretasikan informasi yang
cocok.
Masalah Lainnya (dengan Knowledge
Representation dan Modelling)
- Inisiatif
_ Haruskan user mempertahankan pengawasan yang
lengkap terhadap sistem, haruskah sistem langsung
berinteraksi atau haruskah penggabungan dialog
didukung?
- Effect
_ Para perancang seharusnya memperhatikan efek dari
modelling dan adaptasi.
- Scope
_ Para perancang perlu memperhatikan scope dari
bantuan dimana digunakan pada level aplikasi atau
sistem yang luas.

Merancang User Support System
Terdapat banyak cara untuk merancangnya
dan semua itu diserahkan pada perancang
untuk memilih cara yang terbaik akan tetapi
hal yang perlu diperhatikan adalah:
_Perancangan seharusnya tidak seperti “add-on”
pada sistem. Secara ideal seharusnya
merupakan bagian integral dalam sistem.
_Perancangan harus memperhatikan isi dari
bantuan dan konteks sebelum teknologi
tersedia.
Masalah Presentasi
_ How is help request?
_ Pilihan pertama bagi perancang untuk membuat
bagaimana bantuan dapat diakses oleh user. Terdapat
beberapa pilihan. Bantuan ini dapat berupa command,
button fungsi yang dapat memilih on atau off atau
aplikasi yang terpisah.
_ How is help displayed?
_ Bagaimana bantuan dapat dilihat oleh user. Dalam
system window mungkin ditampilkan dalam window
yang baru. Dalam sistem lain mungkin dalam layar yang
penuh atau bagian dari layar. Alternatif lain dapat
berbentuk pop-up box atau tingkat command line.
_ Effective presentation of help
_ Tidak menjadi masalah teknologi apa yang digunakan
untuk membuat akan tetapi yang perlu diperhatikan
akan menjadi suatu prinsip, yaitu keefektifan.
Masalah Implementasi
- Para perancang harus membuat keputusan untuk implementasi
berupa secara fisik maupun pilihan yang tersedia untuk user.
Keputusan ini sudah termasuk dalam pernyataan command operating
system, apakah berbentuk meta-command atau aplikasi. Hambatan
fisik berupa screen space, kapasitas memori dan kecepatan.
- Masalah lain adalah bagaimana struktur data bantuan: apakah
berbentuk single file, hierarchy file atau database.

SUMBER MATERI:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar