Selasa, 14 Desember 2010

AGAMA DAN MASYARAKAT (TULISAN)


AGAMA DAN MASYARAKAT

AGAMA
Agama adalah pedoman hidup manusia di dunia ini. Agama dipilih sesuai hati nurani setiap manusia. manusia berhak memilih agama atas kemauan hatinya sendiri. Hak pilih agama telah ditetapkan di dalam UUD 1945. Masalah agama adalah masalah pribadi setiap manusia. Setiap manusia berhak memilih agamanya sendiri tanpa paksaan dari orang lain. Agama adalah sistem ada prinsip kepercayaan kepada Tuhan. Ada enam agama besar yang paling banyak di anut di Indonesia agama Islam, Kristen (Protestan) dan Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Setiap umat yang beragama mempunyai hak untuk melaksanakn segala perintah agamanya dan menjauhi segala larangan agamanya. Indonesia adalah negara yang membebaskan penduduknya untuk memilih agama sesuai hati nuraninya. Berbicara soal agama adalah hubungan manusia dengan Tuhannya. Fungsi agama di bidang sosial adalah sebagai fungsi penentu di mana agama menciptakan suatu ikatan bersama, baik diantara anggota-anggota beberapa masyarakat maupun dalam kewajiban-kewajiban sosial yang membantu mempersatukan mereka. Fungsi agama sebagai sosialisasi individu ialah individu pada saat dia tumbuh menjadi dewasa, memerlukan suatu sistem nilai sebagai semacam tuntunan umum untuk (mengarahkan) aktivitasnya dalam masyarakat, dan berfungsisebagai tujuan akhir pengembangan kepribadian.

MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem, diana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.

HUBUNGAN AGAMA DAN MASYARAKAT
Masyarakat dapat memeluk agama sesuai hati nuraninya sendiri. Setiap anggota masyarakat harus mempunyai agama sesuai dengan pilihannya untuk sebagai pedoman hidup di dunia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar