Selasa, 14 Desember 2010

MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN (TULISAN)


MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN

MASYARAKAT PEDESAAN
Masyarakat pedesaan adalah masyarakat yang bertempat tinggal di desa. Masyarakat desa umumnya bermata pencaharian di bidang pertanian, perternakan, perkebunan, dan perikanan. Masyarakat desa umumnya lebih kompak dari pada masyarakat kota. Mereka biasa bergotong royong dalam mengerjakan kepentingan bersama. Masyarakat desa suka tolong menolong antar warga jika salah satu wargaanya ada yang kesusahan. Masyarakat desa biasanya dinilai oleh masyarakat kota tenang, damai, dan adem ayem. Masyarakat kota biasanya berlibur di desa-desa untuk melepas lelah dan jenuh. Masyarakat desa sangatlah masih menjaga kelestarian kebudayaan. Masyarakat desa lebih peka terhadap keadaan lingkungannya.

MASYARAKAT KOTA
Masyarakat kota adalah masyarakat yang tinggal di kota. Ciri-ciri kehidupan masyarakat kota berbeda dengan ciri- ciri kehidupan masyarakat desa. Jumlah kepadatan penduduk di kota lebih besar dari pada di desa. Di kota biasanya masyarakat kota bermata pencaharian sebagai pegawai kantoran. Biasanya masyarakat kota tidak terlalu peka terhadap lingkungan. Masyarakat kota identik dengan masyarakat yang selalu sibuk. Penduduk kota lebih banyak dari pada penduduk desa.

HUBUNGAN DESA DAN KOTA
Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komunitas yang terpisah sama sekali satu sama lain. Bahkan dalam keadaan yang wajar diantara keduanya terdapat hubungan yang erat, bersifat ketergantungan, karena antara mereka saling membutuhkan. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan-bahan pangan seperti beras , sayur-mayur, daging dan ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis-jenis pekerjaan tertentu di kota, misalnya saja buruh bangunan dalam proyek-proyek perumahan , proyek pembangunan atau perbaikan jalan raya atau jembatan atau tukang becak. Mereka ini biasanya adalah pekerja-pekerja musiman. Pada saat musim tanam mereka, sibuk bekerja disawah. Bila pekerjaan dibidang pertanian mulai menyurut, sementara menunggu masa panen mereka merantau ke kota terdekat untuk melakukan apa saja yang tersedia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar