Minggu, 05 Desember 2010

PEMUDA DAN SOSIALISASI (TULISAN)


PEMUDA DAN SOSIALISASI

PEMUDA
Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus. Pemuda identik dengan sebagai sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter khas yang spesifik. Kelemahan dari seorang pemuda adalah kontrol diri dalam arti emosional. Kelebihan seorang pemuda adalah mau menghadapi perubahan. Perubahan yang menjadi suatu sebuah keberhasilan terhadap sebuah gerakan pemuda. Keberhasilan yang akan membuat hidup lebih baik. Pemuda merupakan sosok yang menjadi harapan-harapan bangsa.

SOSIALISASI
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Berdasarkan jenisnya, sosialisasi dibagi menjadi dua: sosialisasi primer (dalam keluarga) dan sosialisasi sekunder (dalam masyarakat). Proses sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar seseorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai masyarakat tempat ia menjadi anggota sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berprilaku sesuai dengan tuntunan atau perilaku masyarakatnya.
Sosialisasi dimulai dari keluarga kemudian ke tetangga, teman sebaya, sekolah, masyarakat terbatas, komunitas kerja dan masyarakat luas. Proses sosialisasi yang baik adalah dirumah / di keluarga, karena jika sosialisasi di keluarga itu baik maka akan membentuk pribadi yang baik juga. Tetapi, jika proses sosialisasi seorang anak di rumah tidak baik akan membentuk pribadi anak yang tidak baik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar