Sabtu, 27 November 2010

INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT (TUGAS)

INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
1.       PERTUMBUHAN INDIVIDU
A.      Pengertian Individu
Individu berasal dari kata latin individum artinya yang tak terbagi. Jadi, merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang  tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan. Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.
B.      Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan itu adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih maju dan lebih dewasa. Perubahan ini pada lazimnya disebut dengan istilah proses. Menurut para ahli yang menganut aliranasosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhanpada asarnya adalah proses asosiasi. Pada proses asosiasi yang primer adalah bagian-bagian. Bagian-bagian yang ada lebih dahulu, sedang keseluruhan ada pada kemudian. Bagian-bagian ini terikat satu sama lain menjadi keseluruhan oleh asosiasi.
C.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
a.       Pendirian nativistik
b.      Pendirian empiristik dan environmentalistik
c.       Pendirian konvergensi dan interaksionisme
d.      Tahap pertumbuhan individu berdasar psikologi
a.       Masa vital
b.      Masa estetik
c.       Masa intelektual (masa keserasian bersekolah )
d.       Masa remaja
1.       Masa pra remaja
2.       Masa remaja
3.       Masa usia mahasiswa
2.       FUNGSI-FUNGSI KELUARGA
Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Kelompok ini, dalam dalam hubungannya dengan perkembangan individu, sering dikenal dengan sebutan primary grup. Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat.
A.      Pengertian fungsi keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalamatau oleh keluarga itu.
B.      Macam-macam fungsi keluarga
Pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh keluarga itu dapat digolongkan/dirinci kedalam beberapa fungsi, yaitu :
a.       Fungsi biologis
b.      Fungsi pemeliharaan
c.       Fungsi ekonomi
d.      Fungsi keagamaan
e.      Fungsi sosial
3.       INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
1.       Pengertian individu
Individu berasal dari kata latin individum artinya yang tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusi sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan, demikian pendapat Dr. A. Lysen .
2.       Pengertian keluarga
Menurut Sigmund Freud keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita.
3.       Pengertian Masyarakat
Drs. JBAF Maylor Polak menyebut masyarakat (Society) adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektivaserta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau subkelompok.
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya. Dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu masyarakat, dapat digolongkan menjadi masyarakat sederhana dan maju (masyarakat modern). Dalam lingkungan masyarakat maju, dapat dibedakan sebagai kelompok masyarakat non industri dan masyarakat industri. Masyarakat industri digolongkan menjadi kelompok primer dan kelompok sekunder.
4.       HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
A.      Makna individu
Manusia adalah makhluk individu. Makhluk individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisah-pisahkan antara jiwa dan raganya. Para psikologi modern menegaskan bahwa manusia itu merupakan suatu kesatuan jiwa raga yang kegiatannya sebagai keseluruhan, sebagai kesatuan. Kegiatan manusia sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya. Bukan hanya kegiatan alat-alat tubuh saja , atau bukan hanya aktifitas dari kemampuan-kemampuan jiwa satu persatu terlepas daripda yang lain.
B.      Makna keluarga
Keluarga adalah kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah grup yang terbentuk dari perhubungan laki-laki dan wanita, perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak.
Sifat yang terpenting dalam keluarga :
1.       Hubungan suami isteri
2.       Bentuk perkawinan di mana suami isteri itu diadakan dan dipelihara
3.       Susunan nama-nama dan istilah-istilah termasuk cara menghitung keturunan
4.       Milik atau harta benda keluarga
5.       Pada umumnya keluarga itu tempat bersama/rumah bersama
C.      Makna masyarakat
Dalam arti yang luas masyarakat dimaksud keseluruhan hubungan-hubungan dalam hidup bersama tidak dibatasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya.atau dengan kata lain : kebulatan dari semua perhubungan dalam hidup bermasyarakat. Dalam arti sempit masyarakat dimaksud sekelompok manusia yang dibatasi oleh aspek-aspek tertentu, misalnya territorial, bangsa, golongan dan sebagainya.

Sumber :
Buku MKDU Ilmu Sosial Dasar (penerbit Gunadarma )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar